Contoh Pidato tentang Masalah Remaja

Assalamualikum Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Selamat pagi

Al Muharom Bupati Bojonegoro Bapak Suyoto M.Si.

Al Muharom Kepala Diknas Bojonegoro Bapak Khusnul Khuluk

Al Muharommah pengamat pendidikan Ibu Menik Matiah

dan, seluruh siswa SMP negri swasta se-Bojonegoro yang saya sayangi

            Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul bersama di tempat ini, ber-muwajahah di tempat ini dengan sehat walafiat dan dalam kondisi yang berbahagia.

            Tidak lupa juga, shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabat-sahabatnya, juga kepada para tabi’it dan tabi’atnya, dan kepada kita semuanya selaku umatnya yang patuh terhadap semua ajaran-ajarannya.

            Saya juga tidak lupa untuk menghanturkan terima kasih kepada Pembawa Acara yang telah memberikan waktu, sehingga saya dapat menyampaikan pidato saya kepada hadirin sekalian. Dan judul pidato saya ialah “Mengupas Masalah Remaja Modern”

            Betapa ingin rasanya hidup di tengah para remaja yang maju, cinta damai & berkualitas. bayangkan saja jika semua remaja di dunia berkualitas, artinya berpendidikan, bertakwa, berjiwa baik, berpikir baik serta bertindak yang baik juga. gambaran itulah yang menjadi dambaan seluruh orang. Namun, apakah kehidupan tersebut dapat terwujud? Tentu saja bisa! mengapa tidak. Asalkan seluruh remaja tidak terperosok dalam jurang kenakalan remaja.

            Kenakalan remaja ialah semua perilaku yang menyimpang dari norma – norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri & orang – orang disekitarnya.

            Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja ialah mereka yang berusia 13 – 18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang melalui masa kanak – kanak, namun belum cukup matang untuk dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi. Pada masa itulah emosi seorang remaja menjadi labil & mudah terpengaruh oleh dunia luar.

            Ada beberapa jenis kenakalan remaja yaitu :

  • penyalah gunaan Narkoba
  • tawuran antar pelajar
  • perilaku seksual pranikah

Adapun hal – hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja, antara lain :

  • adanya seseorang yang bisa diteladani
  • adanya motivasi dari keluarga, guru, teman & lingkungan
  • usahakan untuk bergaul dengan lingkungan yang baik
  • membentuk ketahana diri agar tak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang tidak baik

Hadirin yang berbahagia. Demikianlah pidato singkat saya. Karena pepatah mengatakan tiada gading yang tak retak oleh karena itu saya mohon maaf bila ada kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan di hati. Terimakasih atas perhatiannya, mudah-mudahan pidato ini bisa menjadi satu motivasi bagi kita semua untuk membangun Indonesia dari sisi remaja.

Wassalamualaikum Wr.Wb

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s